Advertisements
Home / ilmiah / Tips Membuat Artikel Ilmiah Bagian Pendahuluan Untuk Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi
publikasi-elsevier
Contoh publikasi internasional

Tips Membuat Artikel Ilmiah Bagian Pendahuluan Untuk Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi

Nazroel.id – Bagian yang paling sulit dalam memulai menulis sebuah artikel ilmiah menurut saya adalah pendahuluan atau latar belakang (introduction/background). Karena disini kita harus banyak berselancar jurnal ilmiah terbaru terkait penelitian yang akan dipublikasikan.

Oleh karenanya kali ini akan sedikit memberikan tutorial bagaimana cara membuat pendahulan manuscript yang tentunya berbahasa inggris untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. Tips atau tutorial ini pula bisa digunakan untuk membuat publikasi di jurnal nasional.

Sebelum membahas cara praktisnya, perlu diketahui bahwa membuat suatu artikel ilmiah adalah sebuah karya seni, oleh karenanya setiap orang akan berbeda bagaimana teknik penyajiannya. Namun intinya, pendahuluan berisi latar belakang serta hipotesis mengapa dilakukannya penelitian dengan menampilkan beberapa intisari penelitian terkait yang telah dipublikasikan di jurnal bereputasi sebelumnya.

Ada beberapa tips untuk menulis pendahuluan :

1. Cari kata kunci yang merupakan tema yang saling terhubung nantinya, dengan kata lain membuat skenario inti dari pendahuluan

Contohnya (berwarna biru di contoh dibawah), saya memilih hydrogel film (paragraf pertama), wound dressing (paragraf kedua), preparation method, natural polymer (paragraf ketiga), sacran (paragraf keempat), tujuan penelitan (paragraf berikutnya)

Dari sini mulai beimajinasi untuk mencoba menghubungkan dan mengembangkan kata kuncinya. Buat suatu problem solving, alias apa masalah yang ada saat ini, dan jawabannya dengan penelitian kita saat ini.

Baca ini yuu :   Daftar Jurnal Internasional yang Dikeluarkan Scopus Per Bulan Februari 2017

2. Dari kata kunci, cari sumber up to date, masalah dan jawaban

Sekarang mulai gunakan fasilitas internetnya, kumpulkan semua artikel terbaru terkait kata kunci yang akan kita jabarkan.

Akses jurnal, pakai sci-hub.bz bisa full akses walau tidak langganan (jika tidak jalan cari solusinya di facebook page nya https://www.facebook.com/sci.hub.org/)

Klik disini untuk mengetahui apa itu sci-hub

Hal yang paling penting dan terkadang didapat setelah banyak membaca artikel adalah temukan masalah yang menarik orang untuk lebih membaca artikel kita, kemudian jawab lah masalahnya.

Sebagai contoh : masalah pembuatan hydrogel film adalah penyiapan dengan metode kimia yang berbahaya karena solven organiknya. Dengan sacran hydrogel film yang saya buat bisa memecahkan masalah karena menggunakan metode fisika dan tanpa penambahan zat berbahaya lainnya.

Usahakan buat masalah lainnya dan jawab, setiap masalah tentunya harus berdasar, yakni jurnal terkini yang telah dicari sebelumnya.

3. Gunakan software pustaka

Ini tak kalah penting, karena dengan menemukan jurnal yang akan kita sitasi, export citation to, biasanya saya ke EndNote. Sehingga selagi menulis maka sekaligus memasangnya di akhir tulisan. Segera lupakan sumber referensi yang tidak up to date dan tidak jelas, sebaiknya gunakan referensi dari publikasi jurnal internasional bereputasi lainnya.

[Baca : Aplikasi Referensi Gratis Mendeley Cocok Untuk Menulis Skripsi, Tesis, Desertasi, dan Jurnal]

4. Aktifkan automatic english checker dan theasurus, belajar pharaprasing

Copy dan paste seutuhnya dari jurnal sebelumnya mutlak dilarang. Ada beberapa cara untuk pharaprase alias membuat kalimat berbeda. Bisa menggunakan synonim, dan yang paling keren adalah membuat dengan kalimat sendiri. Ini hal yang saya anggap paling menantang.

Jangan lupa pergunakan tenses dan grammar yang benar.

Baca ini yuu :   Cara Mudah Menulis dan Publikasi Artikel Review di Jurnal Ilmiah

5. Gunakan kata sambung antar kalimat

Alur cerita koheren atau saling terhubung diantara paragraf maupun kalimat adalah penting. Itulah mengapa artikel ilmiah disebut pulah sebuah naskah, layaknya naskah skenario dalam sebuah film yang memiliki alur cerita tersendiri. Contoh kata sambung adalah kata berwarna merah di bawah ini.

Carilah ide atau ilham dari jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan sebelumnya, untuk kemudian kita gunakan pola-pola tulisannya.

Berikut adalah contoh bagian pendahuluan :

publikasi-elsevier

introduksi

introduksi2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tips secara keseluruhan untuk membuat publikasi ilmiah internasional bisa dilihat di postingan berikut ini. Kunjungi situs saya lainnya di http://farmasi.unpad.ac.id/nasrulwathoni/ untuk mengetahui lebih lengkap.

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Alasan PAK DIKTI Tolak Usulan Jurnal Ilmiah Untuk Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen

nazroel.id – Kenaikan jabatan fungsional dosen saat ini diwajibkan untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk …

One comment

  1. Reblogged this on Ilmu Yang Bermanfaat and commented:
    reblog bagian kedua

Leave a Reply

%d bloggers like this: