hasil medicak check up

Bukti Otentik Bahwa Kuliah Di Luar Negeri Itu Membuat Stress Mahasiswanya

Setiap awal semester baru di Universitas di Jepang termasuk di Kumamoto University selalu diadakan cek kesehatan rutin, yakni kondisi fisik dan cek darah alias general medical check up, lengkapnya lihat NazrVlog berikut ini ya..

Nah kebetulan di sistem online akun mahasiswa masing-masing bisa melihat hasil pemeriksaan kesehatannya, seperti dibawah ini.

hasil medicak check up

Gambar diatas hasil translate secara otomatis dari bahasa Jepang jadi rada-rada aneh ya hehe, maklum untuk urusan yang satu ini belum tersedia versi bahasa Inggris nya.

Hasil yang saya dapatkan serupa dengan teman karib saya yakni si “Abdel” dan “Temon” [Baca : KISAH ABDEL DAN TEMON TENTANG HIDUP BOROS DAN HEMAT DI JEPANG]

Jadi secara statistik bisa dikatakan valid ya hihi

Mari kita perhatikan hasil dari berat badan, dari tahun ke tahun mengalami penurunan berat badan. Bahkan si Abdel turun hingga 7 kg begitu pula temon hingga 6 kg.

Selain itu, tekanan darah cenderung meningkat, dan sama persis dengan hasil teman-teman saya.

2 indikasi ini bisa menyimpulkan bahwa kuliah di Luar Negeri tepatnya di Jepang itu terbukti bisa membuat stress mahasiswa jika dilihat dari penurunan berat badan dan peningkatan tekanan darahnya.

Stress berarti berada dalam kondisi tekanan, tekanan ini bisa muncul dari berbagai hal baik akademik maupun non akademik. Oleh karenanya penting bagi seorang mahasiswa atau karyasiswa LN untuk selalu kreatif mengatasi berbagai tekanan demi menggapai cita-cita yang diinginkannya.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Pernyataan Lengkap PM Abe Terkait Wabah COVID-19 di Jepang

Nazroel.id – Dari rekan ICJ Yati Anggarini yang mencoba membuat summary press release Perdana Mentri …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.