Snowflake8
wikipedia

Penemuan X-Ray Kristalografi Berawal dari Perdebatan Sinar Elektromagnetik

Melanjutkan postingan sebelumnya, dihalaman ini kita telusuri sejarah X-Ray Kristalografi. Setiap calon obat penting untuk ditelusuri sifat psiko-kimianya, salah satunya adalah karakteristik bentuk kristalnya. [Baca : Mengenal Alat X-Ray Kristalografi dan Kegunaannya]

Kristal bisa terlihat mengagumkan dari sisi keteraturan dan kesimetrian mereka, fenomona ini tidak mampu diselidiki secara ilmiah sampai abad ke-17. Johannes Kepler memiliki hipotesis dalam karyanya Strena seu de Nive sexangula (Hadiah Tahun Baru dari Hexagonal Salju) (1611) bahwa simetri heksagonal kristal salju adalah karena kemasan biasa partikel air yang bulat.

Seperti yang ditunjukkan oleh kristalografi sinar-X, simetri heksagonal dari kepingan salju hasil dari susunan tetrahedral ikatan hidrogen setiap molekul air. Molekul air tersusun mirip dengan atom silikon dalam polimorf tridimit dari SiO2. Struktur kristal yang dihasilkan memiliki simetri heksagonal bila dilihat sepanjang sumbu utama (wikipedia).

Ilmuwan dari Denmark Nicolas Steno (1669) memelopori penyelidikan eksperimental simetri kristal. Steno menunjukkan bahwa sudut antara permukaan yang sama di setiap contoh dari jenis tertentu dari kristal dan René Hanya Haüy (1784) menemukan bahwa setiap permukaan dari kristal dapat dijelaskan oleh pola susun sederhana blok yang sama bentuk dan ukurannya.

Oleh karena itu, William Hallowes Miller pada tahun 1839 mampu memberikan penandaan unik dari tiga bilangan bulat kecil, indeks Miller yang tetap digunakan hingga hari ini untuk mengidentifikasi bentuk permukaan kristal.

Penelitian Haüy ini memunculkan ide bahwa kristal berbentuk tiga dimensi biasa (kisi Bravais) dari atom dan molekul; sel unit diulang tanpa batas sepanjang tiga arah utama yang belum tentu tegak lurus. Pada abad ke-19, sebuah katalog lengkap dari simetri kristal telah dikerjakan oleh Johan Hessel, Auguste Bravais, Evgraf Fedorov,  Arthur Schönflies dan  William Barlow (1894 ).

Dari data yang tersedia dan penalaran secara fisik, Barlow mengusulkan beberapa struktur kristal di tahun 1880-an yang dapat divalidasi kemudian oleh X-ray kristalografi;  Namun, data yang tersedia terlalu sedikit di tahun 1880-an untuk menghasilkan model lengkap kristalnya.

Wilhelm Röntgen menemukan sinar-X pada tahun 1895, Fisikawan awalnya memiliki anggapan bahwa sifat radiasi elektromagnetik dari sinar-X bisa dimanfaatkan untuk menelusuri bentuk simetri kristal, dengan kata lain, bentuk lain dari cahaya.

Baca ini yuu :   Strategi dan Tips Praktis Cara Publikasi Jurnal Internasional di Elsevier

Pada saat itu, model gelombang cahaya-khusus menggunakan teori Maxwell dari radiasi elektromagnetik yang bisa diterima di kalangan ilmuwan, dan percobaan oleh Charles Glover Barkla menunjukkan bahwa sinar-X menunjukkan fenomena yang terkait dengan gelombang elektromagnetik, termasuk polarisasi melintang dan garis spektrum mirip dengan yang diamati dalam panjang gelombang terlihat.

Percobaan celah tunggal di laboratorium Arnold Sommerfeld menyarankan bahwa sinar-X memiliki panjang gelombang sekitar 1 angstrom. Namun, sinar-X terdiri dari foton, dan dengan demikian tidak hanya gelombang radiasi elektromagnetik tetapi juga menunjukkan sifat seperti partikel. Albert Einstein memperkenalkan konsep foton pada tahun 1905, tetapi tidak diterima secara luas sampai tahun 1922, akhirnya Arthur Compton mampu mengkonfirmasi hamburan sinar-X dari elektron.

Partikel ini mirip seperti sifat sinar-X, seperti ionisasi gas mereka yang menyebabkan William Henry Bragg untuk berdebat pada tahun 1907 bahwa sinar-X tidak menghasilkan radiasi elektromagnetik. Namun demikian, pandangan Bragg itu tidak diterima secara luas dan pengamatan difraksi sinar-X oleh Max von Laue pada tahun 1912 mampu mengkonfirmasi untuk kebanyakan ilmuwan bahwa sinar-X adalah bentuk radiasi elektromagnetik.

X-ray kristalografi menunjukkan susunan molekul air dalam es, mengungkapkan ikatan hidrogen yang mengikat padatan secara bersamaan. Beberapa metode lain dapat menentukan struktur materi dengan lebih presisi (wikipedia).

Tulisan selanjutnya adalah terkait teori dasar X-Ray Kristalografi

Sumber : wikipedia

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Daftar Jurnal Didiskontinu Scopus Per September 2023, Total 813 Jurnal

Nazroel.id – Scopus kembali mengeluarkan daftar jurnal yang dikeluarkan dari indeksasi Scopus per September 2023, …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.