Advertisements
Home / Universitas / Setelah Setengah Abad Akhirnya Farmasi Unpad Miliki Gedung Sendiri

Setelah Setengah Abad Akhirnya Farmasi Unpad Miliki Gedung Sendiri

Dikutip dari website resminya, Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) sebelumnya berstatus sebagai Jurusan Farmasi yang didirikan pada tanggal 19 Februari 1959, merupakan jurusan kelima dari tujuh jurusan di bawah naungan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam (FIPPA), Unpad.

Pada saat itu, kegiatan akademik Jurusan Farmasi berlangsung di Jl. Ir.H. Juanda No. 4 Bandung dan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Alam (LIPA) Jl. Singaperbangsa No. 1 Bandung. Pada tahun 1978, lokasi kampus berpindah ke Jl. Maulana Yusuf No. 12 Bandung.

Pada bulan September 1986, Jurusan Farmasi bersama-sama dengan jurusan-jurusan lain di FMIPA pindah ke kampus Jatinangor. Pada 17 Oktober 2006, Jurusan Farmasi berubah statusnya menjadi Fakultas Farmasi. Dengan menggunakan gedung milik FMIPA.

Pada akhirnya setelah berusia lebih dari setengah abad, Farmasi Unpad miliki 3 gedung sendiri. 1 gedung dari dana DIPA PNBP Unpad dan 2 gedung hasil hibah dari IDB (Islamic Development Bank).

2 gedung IDB ini terdiri dari gedung dekanat dan gedung laboratorium/perkuliahan. Dan mulai tahun ajaran baru sekarang semua gedung telah digunakan.

Nah, selagi pulang ke Indonesia, boleh dong bernostalgia bersama istri yang juga alumni dari Farmasi Unpad dengan mengecek megahnya gedung baru Fakultas Farmasi Unpad.

Diawali dengan mengunjungi gedung rektorat.

image
Gedung Rektorat

Gedung berikutnya adalah gedung laboratorium 1 berlantai 3 seluas 2400 m2. Gedung ini telah diresmikan 2 tahun yang lalu. Di gedung ini merupakan tempat aktivitas akademik bagi Departemen Farmasetika dan Teknologi Farmasi serta Departemen Farmakokimia. Selain itu, dilantai 3 adalah ruang kuliah untuk program Profesi Apoteker.

image
Gedung Laboratorium 1
Selanjutnya adalah Gedung Laboratorium 2 untuk Departemen Biologi Farmasi dan Departemen Farmakologi & Farmasi Klinik. Dimana lantai 3 adalah ruang perkuliahan.
image
Gedung Laboratorium 2
image
Lab Farmakologi
image
Lab Farmasi Klinik
image
Lab Biologi Farmasi

Gedung megah berikutnya adalah gedung dekanat 2 lantai seluas 1600 m2. Selain dekanat terdapat pula perpustakaan Fakultas dan Auditorium.

image
Gedung Dekanat
image
Tampak dari dalam Gedung Dekanat
Dengan adanya 3 gedung baru, Fakultas Farmasi kini semakin ditunjang oleh sarana dan prasarana yang mumpun yang siap menjadi yang terbaik di kancah nasional maupun Internasional. Terlebih Farmasi Unpad selalu menjadi program studi Farmasi terfavorit di SBMPTN setiap tahunnya.

Baca ini yuu :   Makna Gelar Ph.D Sebenarnya yang Jarang Diketahui
Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

b-learning (blog learning), Efektif Untuk Tugas Mahasiswa dan Hasilkan Dollar

Nazroel.id – Suatu kehormatan bagi saya diundang di acara Impact Expo Unpad 2018. Program inspiratif …

Leave a Reply

%d bloggers like this: