kultur sel

Kumpulan Video Belajar Manajemen Bioteknologi Kultur Sel

Bagi para mahasiswa atau peneliti di bidang bioteknologi maka cara mengelola kultur sel (cell culture) adalah hal yang biasa. Apa jadinya jika biasa bergelut di bidang farmasetika harus melakukan penelitian sampai ke tingkat sel. Positif thinking saja, suatu saat sediaan farmasi terutama untuk kanker perlu pengujian ini.

Walhasil belajar deh dari dasar bagaimana cara menangani sel yang diawali dengan belajar dari Kumpulan Video Belajar Manajemen Bioteknologi Kultur Sel. Alat-alat dasar yang harus dimengerti adalah perawatan dan kebersihan clean bench, CO2 chamber, dan water bath, penanganan limbah kultur dan sampah laboratorium, pencucian alat-alat gelas dan pipet, sterilisasi, inventarisasi dan pemeliharaan stok kultur sel, dan keamanan bekerja di laboratorium.

Video ini saya kumpulkan sebagai bahan jika lupa kelak bisa diingatkan kembali. Ada 10 video yang diambil dari beberapa akun youtube seperti gibcocellculture, benchflydotcom, Abnova, dan Appassionato con Fuoco (Passion and Fire).

Dari mulai perkenalan bagaimana cara agar mengurangi kontaminasi, cara menangani peralatan dan bahan yang akan digunakan sampai video percobaan sesungguhnya.

Baru menyadari, 2 tahun lalu kebetulan terlibat di pengadaan alat-alat bioteknologi di Fakultas Farmasi Unpad, item yang dibeli terus terang tidak tahu apa peruntukannya. Tapi sekarang, patut disyukuri ketika saya lulus kelak maka penelitian disini bisa diteruskan di laboratorium Bioteknologi disana.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Pernyataan Lengkap PM Abe Terkait Wabah COVID-19 di Jepang

Nazroel.id – Dari rekan ICJ Yati Anggarini yang mencoba membuat summary press release Perdana Mentri …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.