Home / Catatan Harian / Jepang / Begini Budaya Orang Jepang Rayakan Ulang Tahun di Kampus

Begini Budaya Orang Jepang Rayakan Ulang Tahun di Kampus

Budaya perayaan ulang tahun di kafe, restoran atau tempat lainnya di Jepang adalah hal yang biasa. Lalu bagaimana jika di kampus atau Universitas di Jepang? Kali ini sedikit bercerita mengenai kebiasaan orang Jepang rayakan ulang tahun di kampus.

Begini Budaya Orang Jepang Rayakan Ulang Tahun di Kampus. Tentunya tidak seperti perayaan ulang tahun di luar kampus, di Laboratorium Physical Pharmacy, Kumamoto University, baik anggota lab maupun sensei (dosen) yang berulang tahun dirayakan 3 bulan sekali.

Semua orang yang berulang tahun di 3 bulan itu akan duduk di tempat yang telah disediakan, biasanya dirayakan diruang rapat berukuran kurang lebih 4×6 m2. Sebelumnya telah disediakan kue-kue kecil (cheese cake atau sejenisnya) sejumlah anggota dan sensei yang hadir.

ulang tahun di jepang

Acara dipandu oleh seorang MC yang mengorganisir acara ulang tahun, biasanya bergiliran dari angkatan mahasiswa tahun kedua. MC mempersilahkan setiap orang yang berulang tahun untuk memberikan sepatah kata semacam doa (make a wish), kebetulan acara ulang tahun kali ini saya berulang tahun.

“Actually, as you know, I am alone here. However, I am very happy to be a member of this laboratory. I have a lot of  friends here and also you are my family now. I wish I can create a manuscript and publish in reputable journal for this year, thank you for all your support, yoroshiku onegaishimasu”

Setelah semua yang berulang tahun memberikan harapannya, kemudian diberikan kesempatan pertama untuk memilih kue nya. Setelah itu, bernyanyi “Happy birthday” dan makan bersama.

Uniknya, di akhir acara baik mahasiswa atau sensei harus mengumpulkan uang untuk mengganti kue yang dimakan. Harganya ¥540 atau sekitar 60 ribu rupiah. Khusus untuk yang berulang tahun gratisss, kebalik ya…di Indonesia yang ulang tahun yang traktir 🙂

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: