Home / ilmiah / Video Mekanisme Sistem Nanopartikel Efektif Membunuh Sel Kanker
nano

Video Mekanisme Sistem Nanopartikel Efektif Membunuh Sel Kanker

Kemoterapi menjadi alternatif terapi dalam memberantas sel kanker. Namun, efek sampingnya adalah bisa menyerang sel yang sehat dan menyebabkan masalah lainnya. Saat ini telah dipasarkan Doxil yang berisi obat anti kanker paling efektif Doxorubucin dalam formulasi nanopartikel [3 Inovasi dan Cara Terbaru Obat Bisa Sampai ke Sel Target].

Video Mekanisme Sistem Nanopartikel Efektif Membunuh Sel Kanker menggambarkan mengapa sistem Nanoparticle target drug delivery atau penghantaran obat dengan sistem nanopartikel tepat sasaran bisa efektif mengatasi masalah kanker saat ini.

Video yang berjudul Nanoparticle drug delivery in cancer therapy dan berdurasi 2.42 ini dibuat oleh animator Yuriy Svidinenko founder dari website http://www.nanobotmodels.com/. Video ini bisa menjelaskan secara simpel latar belakang serta bagaimana mekanisme pelepasan obat sampai bisa membunuh sel kanker.

Latar Belakang Sistem Nanopartikel untuk Pengobatan Kanker

Saat ini penyakit kanker menjadi penyakit paling ditakuti di dunia dan banyak menelan korban jiwa. 1.2 Juta orang dalam setahun terkena kanker di Amerika, dan lebih dari 500.000 orang meninggal.

Selain operasi, kemoterapi adalah pilihan dalam mengobati penyakit kanker. Zat kimia anti kanker akan menyerang sel sehat apabila tidak diformulasikan secara khusus. Oleh karenanya, saat ini kemoterapi banyak yang gagal dalam mengobati kanker.

Prinsip Dasar Sistem Nanopartikel untuk Pengobatan Kanker

Di dalam tubuh terdapat zat penanda tumor atau tumor marker untuk jenis kanker tertentu yang terdapat dalam sel kankernya. Sebagai contoh untuk kanker payu dara, CA 15-3 berperan dalam penanda kanker payu dara dan hanya ada di sel kanker tidak ada di sel sehat.

Selain itu, diperlukan Oncomarker atau penanda kanker yang bisa berikatan dengan obat anti kanker dengan formulasi nanopartikel. Untuk kanker payu dara adalah CA 27-29. Oncomarker akan berkonjugasi dengan zat anti kanker yang kemudian oncomarker akan bertemu dengan zat penanda tumor, sehingga tidak akan menggangu sel sehat.

Baca ini yuu :   Kemenristekdikti Luncurkan Buku Pedoman Publikasi Ilmiah

Doxorubucin (Dox) adalah zat paling efektif dalam membunuh sel kanker saat ini. Namun, Dox bisa membunuh sel sehat pula. Oleh karenanya diperlukan formulasi khusus dalam nanopartikel.

Perjalanan Sediaan dan Pelepasan Obat di Sel Target

Perjalanan obat digambarkan dengan jelas di menit 1.12 yang berawal dari sirkulasi darah setelah obat dimasukan ke dalam tubuh melalui injeksi intravena. Ukuran nya nano mengungkinkan untuk menembus dinding pembuluh darah dan menuju zat penanda tumor melalui mekanisme yang telah dijelaskan di postingan sebelumnya.

Akhirnya Dox dilepaskan dan bekerja terhadap sel tumor. Untuk lebih jelasnya yuk kita tonton videonya

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

scopus

Daftar Jurnal Internasional yang Diskontinued di Scopus Juli 2019

Nazroel.id – Scopus masih menjadi rujukan Ristekdikti sebagai mesin database jurnal internasional bereputasi, situs yang …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: