Home / Universitas / Jika Kuliah di Jepang Bisa Manfaatkan Bantuan Biaya Kegiatan Ilmiah Ke Luar Negeri
kumamoto

Jika Kuliah di Jepang Bisa Manfaatkan Bantuan Biaya Kegiatan Ilmiah Ke Luar Negeri

Hampir di semua Universitas negeri di Jepang menyediakan dana bantuan untuk mahasiswa program master dan doktor dalam membantu kegiatan ilmiah ke luar Jepang, seperti konferensi atau seminar Internasional, penelitian dan lainnya.

Jika Kuliah di Jepang Bisa Manfaatkan Bantuan Biaya Kegiatan Ilmiah Ke Luar Negeri. Nama bantuan ini berbeda di setiap Universitas, khusus untuk Kumamoto University dikenal sebagai “International Scholarship Program” atau Kokusai Shogaku Jigyo. Beasiswa ini khusus untuk mahasiswa program master dan doktor.

kumamoto

Untuk lengkapnya berikut adalah guideline nya dengan harapan bisa di contoh dan diterapkan untuk Universitas di Indonesia dalam mendorong mahasiswa Master dan Doktornya go Internasional.

Tujuan Program :

Bantuan dana ini disediakan untuk memberikan kesempatan mahasiswa di setiap Fakultas supaya bisa berpartisipasi di kegiatan ilmiah internasional. Sehingga setiap mahasiswa bisa lebih membuka perspektif wawasan keilmiahannya secara internasional dan meningkatkan kemampuan pembelajaran dan penelitiannya

Syarat Mahasiswa :

Diberikan kepada mahasiswa program master dan doktor termasuk untuk mahasiswa asing

Kegiatan yang dibiayai :

International conference, international research activity, international internships, international exchange partnership

Jumlah bantuan :

Jumlah bantuan bervariasi, di tahun 2014 maksimum ¥200.000 atau sekitar 20 juta rupiah

Aturan umum :

Mahasiswa yang telah mendapatkan bantuan sebelumnya kecil kemungkinan akan mendapatkan kembali. Setiap tahunnya di setiap Fakultas adalah 10 orang, jadi setiap semester ada 5 orang. Kandidat akan di pilih oleh tim dari pasca sarjana bersangkutan. 1 bulan setelah kegiatan, mahasiswa yang dibiayai wajib membuat laporan singkat dalam bentuk 2  halaman A4, foto, serta bukti-bukti dokumentasi lainnya.

Program ini baik untuk diterapkan di Universitas di Indonesia. Saya yakin dana DIPA di setiap Fakultas melimpah dan bisa disisihkan untuk program ini.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Pedoman Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen Berlaku April 2019

Nazroel.id – Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI, Kemeristekdikti meluncurkan Buku Pedoman Operasional Penilaian …

Leave a Reply

%d bloggers like this: