Home / Catatan Harian / Begini Cara Sembahyang dan Kepercayaan Orang Jepang
cara sembahyang orang jepang

Begini Cara Sembahyang dan Kepercayaan Orang Jepang

Jepang dikenal memiliki warisan agama Shinto. Sampai saat ini hampir di setiap sudut kota memiliki kuil suci tempat beribadahnya. Kali ini ingin sedikit berbagi bagaimana tata cara Cara Sembahyang dan Kepercayaan Orang Jepang.

Agama Shinto memiliki perpaduan faham serba jiwa (animisme) dengan pemujaan terhadap gejala-gejala alam mempercayai bahwasanya semua benda baik yang hidup maupun yang mati dianggap memiliki ruh atau spirit, bahkan kadang-kadang dianggap pula berkemampuan untuk bicara, semua ruh atau spirit itu dianggap memiliki daya kekuasaan yang berpengaruh terhadap kehidupan mereka (penganut Shinto), daya-daya kekuasaan tersebut mereka puja dan disebut dengan “Kami”.

cara sembahyang orang jepang

Kapan pergi ke Kuil? paling tidak setahun sekali orang Jepang pergi ke kuil untuk beribadah, pada umumnya mereka pergi pada pergantian tahun. Oleh karenanya setiap tanggal 1 Januari kuil selalu penuh, bahkan untuk melakukan ritual sembahyang perlu waktu 2 jam untuk mengantri.

cara sembahyang orang jepang

Bagaimana cara sembahyang? diawali dengan membasuh tangan, kemudian pergi ke kuil tempat beribadah dimana tersedia lonceng yang menggantung dan di depannya disediakan semacam kotak berlubang untuk memasukan koin yen. Setelah di tempat ibadahnya, diawali dengan menepuk kedua tangan sekali sambil berdoa di dalam hati meminta sesuatu sesuai keinginannya. Setelah berdoa lalu membunyikan lonceng dan diharuskan untuk melemparkan koin ¥100 atau 10 ribu rupiah sehabis sembahyang.

kuil4

Setelah itu, menulis semacam harapan dan maksud tujuan kedatangan di buku dan secarik kertas. Untuk disimpan di kotak atau digantungkan di tempat yang telah disediakan.

cara sembahyang orang jepang

Masih ingat dengan kisah teman saya dari Sudan? di foto diatas sedang menunjukan jika lari 2 kali mengelilingi pohon yang diyakini orang Jepang keramat, maka bisa menikah dengan cepat. Sepertinya dia ingin menikah untuk yang kedua kalinya 🙂

Baca ini yuu :   Selamat Ulang Tahun Sayangku, 3 Kali Sudah Tidak Bisa Rayakan Bersama

cara sembahyang orang jepang

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa …

Leave a Reply

%d bloggers like this: