Home / Catatan Harian / Kurva Perjalanan Kesuksesan Mahasiswa Rantau di Luar Negeri
kurva kelulusan

Kurva Perjalanan Kesuksesan Mahasiswa Rantau di Luar Negeri

Jauh dari keluarga dan tinggal sendiri untuk menetap di Luar Negeri tentunya akan memiliki beberapa cerita unik yang menarik untuk dibagikan. Kali ini saya mencoba menganalisis sendiri dan membagikan informasi terutama bagi para mahasiswa yang akan merantau atau sedang merantau di negeri orang. Postingan kali ini saya coba ciptakan “kurva kelulusan” yang menceritakan perjalanan kesuksesan bagi mahasiswa rantau di Luar Negeri dalam meraih gelar nya.

kurva kejenuhan

Pada umumnya semua mahasiswa yang sedang menimba ilmu dan ingin menyelesaikan masa studinya akan mengalami “Kurva Kelulusan”. Dan dibagi menjadi 5 titik krusial dalam meraih gelarnya. Titik inilah yang bisa menentukan keberhasilan studinya

1. Titik Pertama

Titik di 3 bulan awal dimana memiliki semangat tinggi untuk memulai dan berusaha beradaptasi. Adaptasi yang gagal tidak akan mencapai titik enjoy yang artinya tidak bisa melanjutkan “kurva kelulusan” dan gagal dalam studinya.

2. Titik Kedua

Disini waktu akan berbeda setiap individu, setelah mengenal dan bisa beradaptasi mulailah untuk hidup normal di negara orang.

3. Titik Ketiga

Titik ini bisa dibilang titik homesick, titik dimana mulai jenuh dan mengingat begitu indahnya kondisi tanah kelahiran bahkan bisa mencapai sampai titik terendah dari kejenuhan. Disini diperlukan hal-hal yang bisa meningkatkan kembali ke track agar studi kita terus sesuai target. Contohnya, saatnya berpikir traveling, berlibur, dan bila diizinkan profesor pulang ke tanah air. Tap, itu hanya berefek sementara, perlu ditanamkan kembali motivasi yang kuat bagaimana nanti setelah mendapatkan gelar, kebahagian apa yang akan diraih? ibaratnya bersakit dahulu berenang kemudian.

Baca ini yuu :   Inilah Rancangan Permenristekdikti Tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah

Terus terang saya saat ini berada di titik ini, mencoba mencurahkan dengan membuat website bidhuan.com dimana setiap harinya dikunjungi lebih dari 10.000 orang dan berinteraksi dengannya. Cukup bisa membuat kejenuhan menghilang. Mudah mudahan saya bisa bangkit dan menuju ke titik berikutnya.

4. Titik Keempat

Titik dimana mulai mengingat lulus, waktu yang semakin dekat mengejar deadline membuat semangat untuk menyelesaikan studinya, Titik ini juga titik krusial, karena bisa saja langsung drop tidak mengikuti kurva kelulusan. Banyak faktor penyebabnya, dari prof, metode, hasil penelitian dsb.

5. Titik Kelima

Titik pembuktian, setelah sekian lamanya berjuang dan belajar sekuat tenaga. Saatnya untuk membuktikan  bahwa saya benar benar layak untuk meraih gelar yang diinginkan.

Setelah titik ini ada titik terakhir yang artinya misi di negeri orang telah selesai saat nya kembali dan mengabdi di tanah air.  Semoga curhatan saya ini banyak didoakan oleh pembaca setia dan bisa kembali menulis dengan topik menarik lainnya, amin

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Cara Mudah Menulis dan Publikasi Artikel Review di Jurnal Ilmiah

Nazroel.id – Salah satu bentuk Artikel Ilmiah yang bisa kita buat adalah Artikel Review/Tinjauan dari …

Leave a Reply

%d bloggers like this: