Home / Universitas / Alasan Profesor Menerima Mahasiswa Asingnya
kumamoto

Alasan Profesor Menerima Mahasiswa Asingnya

Rutinitas sebelum tahun ajaran baru biasanya diawali dengan welcoming party. Semester ini kedatangan mahasiswa asing baru dari Sudan, bagi para pembaca setia tentunya tau siapa dia… bisa dibilang penghilang stres baru karena semua tingkah polahnya mengundang tawa. Oh ya ada 2 mahasiswa asing lainnya yang kebetulan sama-sama dari Mesir… di pesta ini, kita bisa bertanya personal dengan profesor, nah kebetulan seperti biasa… otak wartawannya bloger nya keluar, mulai deh nanya-nanya apa alasan utama profesor bisa menerima mahasiswa asingnya.
profesor jepang

1. Sulit menerima mahasiswa asing tanpa rekomendasi

Ya begitulah kenyataannya, temen saya dari mesir pertama kali email tidak dibalesnya sampai kedua kalinya juga. Kemudian minta bantuan ke profesornya di mesir yang kebetulan ada kenalan profesor di Jepang. Wal hasil, email ketiga langsung di balas. Dan ternyata temen mesir ya kedua juga sama. Nah lain cerita dengan si Sudan ini, sebelum email profesor ternyata orang ini bukan sembarangan juga. Dengan bangganya dia cerita pamannya juga teman dekatnya sadam husein… lah apa hubungannya ya dengan kuliah di Jepang, taulah mungkin ingin show up juga hehe… ayahnya ternyata seorang profesor yang punya kenalan dengan salah satu profesor teman baiknya profesor sekarang ini. Nah loh, belum ngemail juga dah ada lampu hijau.
Tapi tenang, kalo tidak punya link bisa kok, saya satu-satunya mahasiswa dan merupakan mahasiswa asing pertama dari Indonesia dengan murni tanpa ada rekomendasi dari siapapun… cara nya bisa di klik disini

2. Finansial

Pertanyaan selanjutnya adalah masalah finansial, darimana sumber keuangan untuk membayar SPP ataupun biaya hidup. Dan hampir semua teman saya pada waktu itu telah positif akan menerima beasiswa. Bagaimana dengan saya? ya butuh strategi disini, padahal beasiswa saya belum jelas, tapi dengan merangkai kata di emailnya dengan menyatakan masih dalam proses, alhamdulillah semua berjalan lancar.

Baca ini yuu :   Setelah Setengah Abad Akhirnya Farmasi Unpad Miliki Gedung Sendiri

3. Bidang penelitian

Di setiap departemen biasanya memiliki topik penelitian tertentu. Profesor selalu menginginkan topik penelitian mahasiswanya mengikuti topik di departemennya. Semua teman saya termasuk saya juga, topiknya berasal dari profesor dan semuanya menerima karena kebetulan memang melihat track record dari topik-topik profesornya.

4. Alasan dan motivasi belajar

Jawaban dari mahasisa asing mengenai alasan dan motivasi belajar biasanya didapatkan oleh profesor ketika wawancara dalam ujian masuknya atau skype alias video conference. Nah makanya, saya mempersiapkan hal ini dengan baik dan menunjukan bahwa alasan dan motivasi nya kuat sehingga dimungkinkan bisa menyelesaikan studi tepat waktu tipsnya bisa dilihat disini.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Tips Naik Jabatan Fungsional Lektor Kepala

Nazroel.id – Lektor Kepala merupakan tingkatan Jabatan Fungsional (Jafung) dari seorang dosen yang memiliki keistimewaan …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: