Home / Beasiswa / Beasiswa LPDP lebih unggul dibanding DIKTI dan MEXT (Monbukagakusho)
beasiswa luar negeri

Beasiswa LPDP lebih unggul dibanding DIKTI dan MEXT (Monbukagakusho)

Bagi yang masih memiliki peluang dan bingung untuk memilih beasiswa luar negeri khususnya Jepang, di postingan kali ini sedikit akan membahas beasiswa mana yang lebih unggul dari jumlah besaran yang diterima di antara beasiswa LPDP, DIKTI/Unggulan dan MEXT (Monbukagakusho). Ada baiknya mengenal terlebih dahulu potensi yang akan diterima apabila sukses mendapatkan beasiswanya.

Komponen LPDP DIKTI/BU MEXT
  1. Biaya Pendidikan:
Pendaftaran (at cost) (at cost) (at cost)
SPP, termasuk matrikulasi nonbahasa (at cost) (at cost) (at cost)
Non-SPP, yang dapat digunakan untuk tunjangan buku, tesis/disertasi, seminar, publikasi, wisuda (paket, per tahun, akumulatif). (paket, per tahun, akumulatif). tidak
  1. Biaya Pendukung:
Transportasi keberangkatan dan kepulangan studi dari asal domisili ke perguruan tinggi tujuan (satu kali, at cost) (satu kali, at cost) (satu kali, at cost)
Asuransi kesehatan (paket), (paket), tidak
Visa (paket) tidak tidak
Hidup bulanan/living allowance (paket) 150.000 yen (paket) 150.000 yen (paket) 140.000 yen
Tunjangan keluarga (paket) (paket) 45.000 yen setiap 3 bulan
Kedatangan/ settlement allowance 150.000 yen 150.000 yen tidak
Insentif peringkat perguruan tinggi unggulan yang memenuhi ketentuan LPDP, ada tidak tidak
Durasi S2 : 2 tahunS3 : 3-4 tahun S2 : 2 tahunS3 : 3 tahun opsi perpanjangan kecuali BU S2 : 2 tahunS3 : 3 tahun fix

1. Living cost

Yang paling penting untuk diketahui adalah mengenal terlebih dahulu berapa biaya hidup minimal yang diperlukan disetiap negara, sebagai contoh untuk di Jepang bisa dibaca postingan ini  . Biaya hidup yang diberikan untuk LPDP dan DIKTI masih mengacu ke SK Mendiknas tahun 2010 tentang STANDAR BIAYA HIDUP BEASISWA LUAR NEGERI dan perlu dicatat aturan ini untuk di kota besar alias ibu kota akan berbeda dengan di luar kota tersebut akan tetapi bedanya tidak terlalu significant, saran sih tinggal jangan di kota besar alias ibu kotanya bisa cekak nanti hehe sebagai contoh untuk di Jepang di Tokyo akan standar hidupnya adalah 160.000 ¥ sedangkan dikota lainnya 150.000 ¥, untuk MEXT flat 140.000¥.
Disini LPDP dan DIKTI lebih unggul daripada MEXT

Baca ini yuu :   5 Alasan Mending Memilih Kereta Api dibanding Travel Bandung-Jakarta PP

2. Living allowance atau settlement fee

Satu hal lagi yang penting adalah biaya settlement fee, LPDP dan Dikti memberikan sejumlah 1 bulan living cost, ini sangat membantu terutama untuk biaya sewa apartemen atau dormitorynya biasanya dibayar dimuka, selain itu biaya untuk telekomunikasi seperti telpon dan internet mutlak diperlukan. Sayangnya berdasarkan informasi dari teman saya dari Sudan MEXT tidak menyediakan.
Untuk urusan ini LPDP dan DIKTI lebih unggul daripada MEXT

3. Tunjangan keluarga

Bagi yang berencana akan berangkat dengan keluarga hal ini perlu diperhatikan. Sayangnya saya belum mendapatkan informasi pasti karena saya baru semester 2 hehe diaturannya Panduan BPPLN DIKTI 2014 begitu pula biasanya LPDP sama dengan DIKTI aturannya. Hanya saya mendapat informasi untuk MEXT akan mendapatkan tambahan 45.000¥ yang dibayarkan setiap 3 bulan.
Untuk hal ini baik LPDP, DIKTI dan MEXT memiliki program yang sama

4. Asuransi kesehatan

Setiap negara akan berbeda nilai biaya asuransinya. Di aturannya sebenarnya at cost. LPDP memiliki fasilitas yang sama dengan DIKTI sayangnya MEXT tanpad asuransi kesehatan.
Jelas LPDP dan DIKTI lebih hebat dari MEXT

5. Biaya buku dan seminar

Berapa besaran buku yang akan diterima untuk LPDP dan DIKTI bisa dilihat di STANDAR BIAYA HIDUP BEASISWA LUAR NEGERI sebagai contoh di Jepang akan menerima 60.000¥ pertahun. Sayangnya MEXT tidak menyediakan biaya buku.
Lagi-lagi LPDP dan DIKTI lebih hebat dari MEXT

6. Biaya lainnya

Untuk biaya lainnya seperti biaya insentif ranking perguruan tinggi, biaya matrikulasi kuliah, biaya force majeur, juga Visa untuk beberapa negara seperti inggris butuh 6 jutaan rupiah, berhubung LPDP adalah dari biaya abadi, DIKTI dan MEXT tidak bisa menandinginya.
Mutlak LPDP is the best.

Baca ini yuu :   Prosedur Operasional Standar (SOP) Kepulangan Karyasiswa BPP-LN DIKTI Terbaru

7. Persaingan dalam mendapatkan beasiswa

Persaingan untuk mendapatkan beasiswa DIKTI paling rendah karena diantara calon penerima beasiswa yang memiliki NIDN. Tanpa NIDN mohon maaf tidak bisa daftar kesini, selain itu aplikasi onlinenya terhubung ke jaringan PDPT alias track record dari masing-masing dosen, apabila tidak terupdate di website ini wassalam. Nah LPDP terbuka sangat lebar siapapun bisa, bahkan menambah persaingan dosen ber-NIDN pun sedang direkomendasikan untuk bisa kembali ke LPDP (masih surat menyurat sih belum ada jawaban perhari ini). Jadi persaingan sangat ketat, juga pilihan Universitas terbatas karena hanya yang ada di list LPDP alias yang menurut LPDP memiliki rangking tinggi. Bagaimana dengan MEXT, walaupun persaingan seluruh dunia, akan tetapi setiap negara memiliki kuota, so hanya berkompetisi dengan sesama yang ingin kuliah di Jepang, jadi persaingan relatif lebih longgar dari pada LPDP.
Akhirnya MEXT yang terbaik disini.

8. Profesionalitas pengurus beasiswa

Mungkin baru-baru ini terdengar di surat kabar bahkan di televisi nasional mengenai permasalahan beasiswa Luar Negeri DIKTI, ya itulah kenyataanya. Sistem pengurusuan beasiswa di DIKTI terburuk jika dibandingkan denga LPDP dan MEXT.
Untuk LPDP dan MEXT selalu lancar.
Akhir kata… baik beasiswa LPDP, DIKTI maupun MEXT telah memikirkan secara manusiawi hehe artinya syukurilah apa yang kalian akan dan telah didapatkan… tapi tetap kesimpulannya adalah LPDP paling keren menurut saya.

Semoga bermanfaat. Mohon koreksi di komentar apabila ada informasi terbaru.

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

Ristekdikti Sediakan Kuota 1000 Doktor untuk BPP-DN 2019

Nazroel.id – Setelah tahun 2018, beasiswa pascasarjana untuk dosen semua terpusat di Beasiswa Unggulan Dosen …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: