Advertisements
Home / Catatan Harian / Jepang / Cerita dibalik 3 Angin Topan Terganas di Jepang
topan neoguri di jepang

Cerita dibalik 3 Angin Topan Terganas di Jepang

Siap siap lah apabila anda berkunjung ke Jepang di antara bulan Juli-Oktober dikenal dengan musim angin topan, pelajari kapan saja topan akan datang supaya lebih waspada dan rencana perjalanan tidak terganggu, karena semua jalur penerbangan pasti akan di tunda.

Nah di tulisan kali ini saya akan bercerita hanya 3 Jenis Topan yang paling berbahaya yang melanda Jepang. Kebetulan selama saya tinggal disini ada 3 angin topan (thypoon) yang berkekuatan dahsyat yang pernah saya alami yaitu topan Neoguri, Phanfone, dan Vongfong. Karena lokasi tempat tinggal saya masih di wilayah selatan alias pulau Kyushu jadi selalu mendapat peringatan dini seminggu sebelumnya, dan setiap harinya terus ada update.

1. Angin topan Neoguri (Thypoon Neoguri)

angin topan neoguriangin topan neoguri
Neoguri berawal dari badai tropikal pada tanggal 3 Juli 2014 dan pada tanggal 4 Juli menjadi angin topan. Sumber topan ini berasal dari lepas pantai Filipina yang akan semakin membesar sesuai gambar diatas, kemudian pada tanggal 7 Juli tiba di okinawa, lanjut ke pulauku 9 Juli dan ke pulau Shikoku serta Kanto hari-hari berikutnya.
topan neoguri di jepang
Mengutip laporan Reuters, Neoguri mengakibatkan dua orang meninggal dan sekitar 30 lainnya terluka, terutama akibat terjatuh. kekuatan topan ini bertiup hingga 250 kilometer per jam.
Nah sungguh heboh sepertinya berita di tanah air ya, sampai sanak keluarga juga menanyakan kabar saya disini waktu itu. Apa yang terjadi disini, pemerintah disini sebulan sebelumnya telah mendatangi dan memberikan penyuluhan terhadap warganya, bahkan mereka rela masuk ke sarana ibadah seperti mesjid untuk menyebarkan informasi langkah emergensi pertama yang harus dilakukan ketika ada bencana alam, pada waktu itu kepolisian setempat setelah jumatan memberikan penyuluhan sekaligus memberikan bosur seperti di bawah ini dan juga memberi tahu tempat2 pengungsian terdekat

Baca ini yuu :   Ini Alasan Tersembuyi Mengapa Pilih Studi Farmasi di Kumamoto University

waspada bencana alam di jepang

Memang info update dari badan meteorologi disini menyebabkan pada hari dimana akan datangnya topan menjadi hari libur dan disarankan diam di apartemen…. seneng tuh libur sehari mayan hehe… pada waktu itu hujan dari pagi, dan angin kencang yang tidak seperti terlihat biasanya dan akan terlihat jelas ketika menghantam pepohonan, alhamdulillah menurut berita meteorologi pada waktu itu angin melemah dan telah berbalik arah.

2. Angin topan Phanfone (Typhoon Phanfone)

angin topan Phanfone
Lucu nama lainnya angin topan ini di Filipina yaitu Typhoon Neneng. kaya nama sunda ya… kalo sumbernya dari indonesia mungkin nama topannya menjadi Neneng Maesaroh hehe…. Angin topan Phanfone merupakan angin siklon tropikal terbesar yang biasa menghantam Jepang di awal Oktober. Tahun ini menelan korban 7 orang tewas dan 62 cedera serta 4 orang dinyatakan hilang.
Tepatnya tahun ini di tanggal 5 Oktober nyampe ke pulau ku (Kyushu) bagaimana ceritanya, nah kekuatan angin yang nyampai bisa digambarkan seperti di bawah ini
topan di jepangangin typhoon-Phanfone
Tepat datangnya angin topan saya sedang liburan ke Nagasaki yaitu ke glover garden dan battleship island akibat topan ini kapal ferry kami dari pelabuhan Shimabara ke Kumamoto dibatalkan walhasil kita tempuh jalur darat alias lewat tol luar kota, sepanjang perjalanan hujan dan angin kencang, tapi bersyukur aman-aman saja.

topan-vongfong jepang

3. Angin topan Vongfong (Typhoon Vongfong)

angin topan vongfong

Hari ini 13 Oktober 2014 direncanakan angin topan ini nyampai ke kotaku, inilah sebabnya kenapa saya ingin bercerita mengenai angin topan. Cuaca di luar apartemen hujan dari pagi sampai sore ini, angin lumayan kencang tidak seperti biasanya. Sehari sebelumnya pemberitaan di TV sungguh gencar, walau sebenarnya gak ngerti apaan itu soalnya semua bahasa Jepang dan kanji he he, cuman saya tebak ternyata benar topan Vongfong menghantam Jepang dengan kecepatan lebih dari 180 kilometer per jam, mengakibatkan sedikitnya satu orang hilang dan 44 orang terluka. Lebih dari 300 jadwal penerbangan dibatalkan kemarin.

Baca ini yuu :   Video Dashyatnya Gempa dan Tsunami Fukushima 7.4 SR pada 22 November 2016

typhoon-vongfong jepang

Alhamdulillah, tepat rasanya memilih tinggal di Kumamoto, walau masuk daerah rawan bencana, tapi posisinya di tengah pulau Kyushu sehingga terhindar dari bencana angin topan.

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa …

Leave a Reply

%d bloggers like this: