Advertisements
Home / Catatan Harian / Jepang / Tips dan Trik Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Jepang
kumamoto

Tips dan Trik Ujian Masuk Perguruan Tinggi di Jepang

Well guys… tahun lalu tepatnya Agustus 2013, seperti mimpi, untuk pertama kalinya ke Jepang dan pertama kalinya di LN oral presentation in English, ujian lagi… hanya dengan modal nekat, dan semangat balas dendam teringat ketika dulu nih negara bisa menjajah negara kita… saat nya gw yang jadi penjajah disini… serbuuuuu… alhamdulillah sukses akhirnya jadi Mahasiswa S3 di University of Kumamoto… Oke desu, mari kita mengingat2 pahit manisnya, dipostingan ini gw coba mengingat memori tahun lalu….

Buat rekan2 semua yang punya niat kuliah di Jepang terutama S3, sekarang mutlak pada umumnya harus ikut ujian masuk atau dikenal entrance examination…. biayanya 30.000 yen.. seragam biasanya se Jepang. Apa sih entrance exam itu?? ya seharian kalian akan di uji lisan, tulisan, presentasi, dan wawancara… dengan kata lain mencakup listening, reading, speaking and writing… makanya yang belum pada bisa bahasa inggris ambiil kursus IELTS aja, terasa manfaatnya tuh buat ujian….

Ujian tulisan-nya gampang koq, sepertii reading comprehension… ini cuma ngetest bahasa inggris elu2 pade… jawabannya ada di reading…typenya ada 2ย topic bacaan tentang basic science, tiap bacaan ada pertanyaan total 8-10 pertanyaan untuk ujian tulisan. Waktunya 60 menit.

1091193_10200866309994543_1978192648_o

Oral presentation, presentasi tesis s2, 8 menit presentasi, 6 menit pertanyaan… musti pas tuh, latihan yang bener ya… nih contohnyaย Nasrul Wathoni-entrance exam 2013 revisedย ini sebelum diskusi sama sensei ya… oh ya dateng jangan sehari ato 2 hari dari ujian… usahakan ketemu dulu sama profesor trus diskusi deh sambil latihan presentasi… tar dikasiih wejangan, trus dikasih tau future plan nya hanya satu slide. Tenang aja, sesi diskusi pertanyaannya mendasar tentang tesis yang pastinya dah kamu kuasain sebelumnya kan… tambahan juga, audience nya bukan hanya para sensei, tapi mahasiswa departmennya pada dateng… jadi kaya suporter gitu, klo misal calon presenternya lab A, nah yang lab A membernya pada masuk… lab lain keluar… tenang mahasiswanya kaga lancar bahasa inggris rata2 jadi ga pada nanya hehe. disini kamu akan di uji oleh 2 profesor dibidang yang sama… tapi tenang PD aja lagi…

Baca ini yuu :   Menanti IPhone 6 Gratis di Hari Sabtu Nanti

1150654_10200866308754512_1064194827_o

terakhir Interview, bakal di wawancara oleh dekan sekolah, supervisor, ama 2 prof… tenang cuma 15 menit… intinya nanya motivasi, sama beasiswa, lainnya sambil ngabisin waktu nanya tentang topik penelitian selanjutnya.

Nah hasilnya ga langsung diumumin, sebulan kemudian tepatnya 3 September 2013, baru deh diemail sama diumumin di website

Kayaknya ada yang kelewat ya, baru inget, jangan lupa cari info, siapa orang indonesia atau senior kamu yang ada di kampus itu sebelum pergi… bermanfaat banget sesama orang indonesia saling bantu… minimal tau bagaimana nasibnya akomodasi nanti selama ikut ujian…. caranya, gogling Persatuan Pelajar Indonesia di daerah universitas nya… cari kontak emailnya… mulai deh korespondensi email… biasanya pada punya grup facebook juga milisnya… atau hubungi saya aja.. nanti dibantu

nanti saya cari foto2nya ya

Advertisements

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

vakum

Cara, Syarat, Jadwal dan Harga Mengirim Barang Jumlah Besar dari Jepang Menggunakan Kontainer

Nazroel.id – Masa kepulangan ke Indonesia setelah tugas belajar atau bekerja di Jepang adalah masa …

2 comments

  1. thx infonya pak. berarti ini istilahnya kita modal dulu ya pak? untuk entrance exam, flight tiket PP + akomodasi slama di jepang, krn tdk bisa direimburse dr lpdp. berapa biaya yg bpk keluarkan saat itu?

Leave a Reply

%d bloggers like this: