Advertisements
Home / Edukasi / Apotek / Download Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri dan Pengalihan Tanggung Jawab APA

Download Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri dan Pengalihan Tanggung Jawab APA

Dah lama sekali saya tidak menulis lagi di blog ini, dan ketika mengecek kunjungan dan komentar, alhamdulillah sudah mau mencapai 20.000 pengunjung, mudah-mudahan blog yang saya bangun ini semakin membantu dan memberikan banyak manfaat , amiin.

Seperti biasa, berawal dari dering telepon dari seorang teman yang menanyakan bagaimana caranya untuk mengundurkan diri sebagai APA dikarenakan adanya suatu alasan yang mengharuskan berhenti menjadi APA. Nah kebetulan saya pernah menggundurkan diri jadi sedikit tahu langkah-langkahnya.

Langkah pertama adalah buat surat pengunduran diri yang disetujui oleh PSA. Langkah selanjutnya adalah buat surat pengalihan tanggung jawab dengan APA baru, jadi alangkah lebih baiknya sebelum mengundurkan diri mencari pengganti APAnya.

Surat pengunduran diri berfungsi sebagai lampiran pengajuan ke dinkes propinsi untuk menjadi APA di apotek lain. Sedangkan surat pengalihan tanggung jawab berfungsi sebagai tanda bukti sudah tidak bertanggung jawab sebagai APA di apotek bersangkutan.

Kondisi dilapangan, ada 2 kondisi yang sering terjadi, kondisi pertama APA berhenti dikarenakan alasan tertentu dengan kata lain tidak ada masalah dengan PSA dan sistem operasional di apotek termasuk penggajian dll, kondisi kedua APA berhenti dikarenakan tidak cocok dengan PSA dan sistem operasional apotek. Nah kondisi kedua ini yang biasanya ribet pengurusannya dan susah cari APA penggantinya.

Advertisements
Baca ini yuu :   Tips Download Gratis Jurnal Internasional Berbayar 'full text' di Smartphone

About nazroelwathoni

Hi, selamat datang di blog pribadi saya yang dikemas santai dan mengutamakan manfaat. Hanya sekedar menuliskan apa yang ada di kepala saya ketika menulis di blog ini. Semoga bermanfaat!

Check Also

tips dan triks buka apotek

Contoh Surat Permohonan Izin Apotek dan Izin Toko Obat Beserta Persyaratannya

Nazroel.id – Saatnya mailing time, jawab pertanyaan para pembaca setia blog ini yang tidak bisa …

13 comments

  1. terima kasih ya pak Nasrul utk infonya sangat bermanfaat dan sangat menolong πŸ™‚ maju terus blognya

  2. oya pak, saya mo tanya jika saya mau resign dari Aptk yang sekarang dan sy sdh dapat penggantinya, apakah SIA nya harus baru juga dan jika harus baru apakah syaratnya sama dengan pertama kali ngurus SIA sy yg dulu?

    • ya… betul sekali..seharusnya ganti apoteker maka ganti SIA, makanya PSA ntuh mals kalo musti ganti APA πŸ™‚

      • Pak nasrul.. Klo dlm proses pgantian apoteker. Apakah apotekr bru yg sudah punya STRA namany lgsg bisa dipakai utk mlakukan pemesanan obat spti psikotropika. Sedangkan SIPA atau SIA dlm proses. Thx

        • Dalam SP OKT/Psikotropika disitu tertulis SIPA/SIA, biasanya sebelum SIPA/SIA keluar pemesanan masih di lakukan oleh apoteker sebelumnya, terkecuali apoteker sblmnya tidak bisa, selagi PBFnya mau dan pendokumentasian tetap harus disiapkan

  3. pak nasrul,mau tanya kalo syarat2 ganti surat penempatan apotek apa saja ya pak?
    trmakasih..

  4. Terimakasih sekali atas info-infonya yang berguna sekali buat para pembaca blog ini…semoga semakin banyak info-info lainnya yang bisa dibagikan ke kami ya pak. Salam hormat….

  5. pak, mo nanya nih, kalo sudah mengundurkan diri, tpi blm da penggantinya.. sebab sudah ikut dinas dgn suami, itu gmn caranya?sedangkan kalo menunggu smpe da penggantinya ga tau sampe kpn?sdangkan sudah tidak dibayar lgi salarynya…gmn donk pak?mohon solusi, saya sempat bertanya dgn org dinkes, tpi kata mereka disuruh menunggu sampe ada penggantinya.. dan org dinkes sudah tau posisi apotikna kalo apotekernya dah lama ga da ditempat..tapi mereka diam saja.gmn donk pak?sdgkan saya dpt tawaran menjadi APA didaerah suami dinas..untuk melengkapi persyaratan saya mesti da serah terima pengalihan tanggung jawab ke APA yg baru..

    • Yth Pak Nasrul, mohon jawaban untuk pertanyaan Ibu Ikha ini, karena kasusnya sama dengan saya, terimakasih ya pak

      • Intinya apa yang dibutuhkan oleh dinas kesehatan setempat untuk proses APA baru harus diikuti, jadi komunikasi antara dinkes baru harus diutamakan, jika diperlukan buat berita acara tertulis terkait apa yang terjadi saat ini ditandatangani oleh PSA lama atau bahkan Dinkes lama, syukur2 Dinkes lama mau memberhentikan izin apoteknya karena tidak ada apotekernya.

  6. Pak nasrul sy mau nanya :
    – bisa tidak kita mengajukan surat pengunduran diri ke dinkes tanpa disertai ttd persetujuan dari PSA ?
    – apa kita diwajibkan mencari APA pengganti sebelum mengundurkan diri ? Bagaimana kalau saya tidak bersedia dan menyerahkannya kepada PSA sendiri untuk mencari pengganti saya.
    – kemana saja surat pengunduran diri saya kirim-tembuskan, apa2 saja lampiran yg harus sy sertakan ?

    Trims

  7. pak nasrul, ada contoh surat pengalihan tanggung jawab dengan APA baru nya ga?? Trims

  8. Mohon maaf baru dibalas, tapi saya yakin sudah terjawab semua ya masalahnya sekarang, pengalihan tanggung jawab ada di http://nazroel.id/2010/04/29/download-contoh-surat-pernyataan-pengunduran-diri-dan-pengalihan-tanggung-jawab-apa/

Leave a Reply

%d bloggers like this: